Diet Diabetes dengan Baik dan Benar


Cara Mudah Diet Diabetes
Diabetes adalah suatu masalah kesehatan yang berkaitan dengan konsumsi gula dan hormon insulin serta sel beta pankreas. Umumnya muncul disebabkan karena gula yang telah dikonsumsi oleh tubuh tidak dapat diubah menjadi energi yang disebabkan kurangnya hormon insulin ataupun adanya masalah pada sel beta pankreas tempat hormon insulin ini di produksi. oleh sebab itu sangat penting untuk kontrol metabolik yang tepat untuk melakukan diet diabetes ini.

Sebenarnya sebelum melakukan jenis diet diabetes ini sangat dianjurkan untuk mengetahui kadar glukosa darah. kada glukosa darah ini dijadikan acuan pemberian komposisi diet diabetes dengan tepat. karena hasil yang diinginkan melalui diet diabetes ini adalah mampu mempertahankan kadar glukosa darah supaya mendekati normal dengan menjaga keseimbangan asupan makanan dengan kadar insulin, dan juga dengan obat penurun glukosa oral, serta aktifitas fisik. selain itu, diet diabetes ini juga untuk memberi kecukupan energi tubuh untuk mempertahankan atau mencapai berat badan normal.

Berikut Bahan makanan yang dianjurkan untuk diet diabetes dan penderita penyakit diabetes yaitu:

1.   Sumber protein rendah lemak, seperti : ikan, ayam tanpa kulit, susu skim, tempe, tahu, dan kacang-kacangan,

2.   Sumber karbohidrat kompleks, seperti : nasi merah, roti, mie, kentang, singkong, ubi, dan sagu.

3.   Sumber lemak dalam jumlah terbatas yaitu bentuk makanan yang mudah dicerna. makanan terutama diolah dengan cara dipanggang, dikukus, direbus, dan dibakar.

Jenis makanan yang sebaiknya dibatasi dan dihindari dalam menjalankan diet diebetes dan untuk penderita diabetes adalah :

1.  Makanan yang banyak mengandung gula sederhana, yaitu : gula pasir, gula merah, sirop, selai, jelli, buah-buahan yang diawetkan dengan gula, susu kental manis, minuman botol ringan, dan es krim

2.   Mengandung banyak natrium, seperti : ikan asin, telur asin, makanan yang diawetkan.

3.   Mengandung banyak lemak, seperti : cake, makanan siap saji (fast food), gorengan.

Tips lain yang bisa Anda lakukan adalah banyak berjemur di bawah matahari pagi karena pro-vitamin D yang diubah menjadi vitamin dalam tubuh Anda akan membantu meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin. Olahraga juga memegang peranan sangat penting untuk keberhasilan diet diabetes Anda.