7 Tips Aktivitas Fisik yang Dapat Membantu Perpanjang Usia

Kesehatan tubuh harus menjadi prioritas atau hal yang paling utama yang tidak boleh dinomer duakan dalam dunia yang serba canggih pada abad sekarang ini. Dengan banyak bermunculan aneka gadget seperti smartphone, tablet maupun laptop akan membuat semua pekerjaan manusia modern menjadi lebih cepat. Itu di lihat dari sisi positifnya, namun ada juga sisi negatifnya. berbagai aktivitas pekerjaan hanya dilakukan dengan duduk. Padahal duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan tubuh bahkan mengancam jiwa anda. Melakukan berbagai aktivitas fisik yang menyehatkan berkaitan erat dengan bertambahnya usia harapan hidup seseorang. Fakta mengejutkan bahwa seseorang yang banyak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan hanya duduk yang terlalu lama  memiliki resiko besar terserang penyakit diabetes, jantung dan bahkan memperpendek usia. Oleh karena itulah, diperlukan berbagai aktivitas fisik yang menyehatkan agar dapat memperpanjang usia dan meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Berikut ini 7 Tips Aktivitas Fisik yang Dapat Membantu perpanjang Usia :

1. Lakukanlah aktivitas rutin berjalan kaki di pagi hari. Mudah, menyenangkan dan sehat, mungkin tiga kata itulah yang dapat menggambarkan aktivitas berjalan kaki di pagi hari. Mulailah berjalan kaki dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh anda.
7 tips aktivitas fisik yang dapat membantu memperpanjang usia
Jalan Santai
2. Lari pagi hari. Setelah berjalan kaki yang lumayan jauh, ada baiknya melanjutkannya dengan lari. Manfaatnya tentu akan berlipat bagi peningkatan kesehatan tubuh, jika anda dapat menggabungkan dua aktivitas berjalan dan berlari tersebut.
7 tips aktivitas fisik yang dapat membantu memperpanjang usia
3. Berkebun saat libur kerja. Sebagian besar dari kita memanfaatkan waktu libur kerja hanya sekadar duduk-duduk santai sambil melihat televisi. Bukankah lebih baik menanam berbagai tanaman di pekarangan rumah atau menyiram tanaman, agar kita lebih aktif bergerak dan dapat menyehatkan udara di sekitar rumah anda.
7 tips aktivitas fisik yang dapat membantu memperpanjang usia
Berkebun

4. Meluangkan waktu untuk bersih-bersih rumah atau pekarangan rumah. Menyapu maupun mengepel lantai tentu pekerjaan yang mudah yang juga termasuk aktivitas fisik yang menyehatkan tubuh anda. Serta dapat menghindarkan rumah dari tumpukan debu yang bisa membahayakan pernafasan anda berserta seluruh keluarga anda.
7 tips aktivitas fisik yang dapat membantu memperpanjang usia
Peralatan bersih-bersih



5. Bersepeda santai di pagi hari atau ketempat kerja. Lakukan aktivitas bersepeda pada waktu libur kerja yang biasanya jatuh pada hari sabtu dan minggu atau memilih bersepeda bagi mereka yang jaraknya dari rumah tidak terlampau jauh dari tempat kerja.
7 tips aktivitas fisik yang dapat membantu memperpanjang usia
Sepeda Santai
6. Ikut serta dalam kegiatan komunitas senam sehat. Jika disekitar lingkungan rumah anda terdapat komunitas atau perkumpulan yang selalu mengadakan senam pagi sehat, bukankah sebaiknya anda ikut serta menjadi anggotanya.
7 tips aktivitas fisik yang dapat membantu memperpanjang usia
Senam Sehat
7. Lakukan aktifitas ringan disela-sela pekerjaan anda. Jika pekerjaan anda mengharuskan duduk dalam waktu yang relatif lama, maka sebaiknya melakukana aktivitas berjalan atau olahraga ringan lainnya di sekitar ruangan kerja selama kurang lebih 15 menit setelah bekerja selama 4 jam penuh.


Itulah sedikit tips aktivitas fisik yang dapat membantu memperpanjang usia. Tungguin update kesehatan selanjutnya dari saya.  Sekian dan terima kasih.